Redaksi

“Jas merah!” “Jangan melupakan sejarah!” Demikian Bung Karno pernah berkata.

Kenapa sejarah mesti diperhatikan? Karena sejarah adalah cermin kehidupan masa lalu yang bisa kita jadikan pelajaran untuk menatap dan menata hidup kita di masa depan.
Untuk mengetahui sejarah masa lalu pendahulu kita, hal yang paling mudah adalah dengan melihat peninggalan yang kasat mata berupa benda-benda bersejarah. Benda tersebut bisa berupa bangunan kuna, barang pusaka, prasasti, naskah kuna, dll.
Di wilayah Bogor terdapat begitu banyak titilar karuhun kita yang tersebar baik di kota maupun kabupaten Bogor. Sebagian di antaranya telah ditetapkan oleh pemerintah sebagai benda cagar budaya (BCB), tapi tidak sedikit juga yang belum tercatat, bahkan belum banyak yang tahu keberadaannya.
Lebih dari itu, wilayah Bogor memiliki peninggalan peradaban yang terhitung lengkap. Dari mulai peninggalan prasejarah, masa Hindu-Budha, masa penyebaran agama Islam, zaman kolonial Belanda, peradaban Tionghoa, sampai peninggalan Jepang pun ada!
Aspek kesejarahan dari peninggalan-peninggalan tersebut rasanya masih kurang digali dan dipublikasikan. Jika pun ada hanya menjadi konsumsi segelintir orang. Untuk itu, melalui komunitas napak tilas ini, kami mengajak siapa pun peminat sejarah untuk bersama-sama mengunjungi tempat-tempat itu, sekaligus melakukan dokumentasi, serta mendalami sisi sejarahnya dengan pendekatan ilmiah.
Salam Napaktilas! 

 

Pimpinan Redaksi : Hendra M.Astari

 

Info :  redaksi@balebat.net